Kita mungkin sering mendengar rekomendasi mengkonsumsi air hangat ditambah dengan perasan lemon dan diminum di pagi hari. Selain untuk detoksifikasi, minum air lemon ini dipercaya dapat membuat kulit lebih cerah. Berbagai macam manfaat Lemon bagi Manusia, antara lain :

1. Hidrasi
Ketika tidur, Anda menghabiskan waktu berjam-jam membiarkan perut kosong. Alhasil, tubuh anda mengalami dehidrasi, tentu tubuh tidak dapat melakukan semua fungsi yang tepat. Hal ini menyebabkan penumpukan racun, stres, sembelit dan sebagainya.
Nah, air perasan lemon di pagi hari ini dapat membantu anda mencegah dehidrasi sekaligus membuang racun di tubuh hari sebelumnya.

2. Napas segar
Napas bau di pagi hari tidak dapat dihindari. Air lemon inilah jawaban alam untuk mengurangi bau mulut tak sedap seharian. Selain membuat napas segar, lemon juga membantu meredakan sakit gigi dan radang gusi. Bonusnya, antioksidan tinggi dan senyawa antibiotik juga dapat membantu mengurangi bau badan.

3. Mencegah minum kafein
Cobalah minum air lemon hangat di pagi hari bukannya kopi. Kopi memiliki sifat diuretik yang membuat anda buang air kecil terus menerus. Jadi beralilah ke air lemon yang dapat melancarkan saluran pencernaan.

4. Membersihkan sistem pencernaan
Tidak semua makanan dapat dicerna baik oleh tubuh. Untuk membantu proses pembuangan racun, air lemon dapat membantu salurna cerna anda.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Vitamin C membantu sistem kekebalan tubuh dengan memerangi pilek dan flu, dan juga membantu penyerapan zat besi ke dalam aliran darah anda. Asam askorbat (bentuk vitamin C) pada air lemon juga membantu penyembuhan luka dan peradangan sendi anda. 

6. Mencerahkan kulit
Hebatnya, vitamin C juga membantu mengurangi keriput dan noda di wajah. 

7. Membantu mengurangi berat badan
Air lemon memiliki indeks glikemik rendah yang membuat gula darah anda tetap stabil plus membuat Anda merasa kenyang dan berenergi lagi. Serat pektin di lemon juga membantu mencegah kelaparan.

8. Meningkatkan mood
Aroma lemon dapat meningkatkan suasana hati serta juga membantu mengurangi kecemasan dan depresi karena menjaga saraf anda tetap tenang.

9. Mengatasi Sakit Tenggorokan
Lemon sangat bagus untuk mengatasi penyakit tonsilitis (teggorokan). Cukup dengan kumur pada air hangat yang telah ditambahkan dengan satu sendok teh jus lemon. Untuk batuk dan pilek, berikan air hangat yang telah ditambahkan sedikit manfaat madu. Untuk asma, setengah sendok teh jus lemon, dengan secangkir air hangat sebelum makan.
10. Menghentikan Pendarahan Internal
Kandungan antiseptik di dalam buah lemon mampu menghentikan pendarahan internal dalam tubuh. Celupkan kapas kecil pada air perasan lemon dan letakkan ke dalam hidung, untuk menghentikan pendarahan pada hidung.
11. Mengatasi Kulit Kering pada Lutut dan Tumit
Potongan jeruk lemon dapat mengatasi masalah ini. Gosokkan potongan jeruk lemon pada sisi kulit kering, seperti pada tumit dan lutut, biarkan hingga meresap ke kulit. Tidak perlu di bilas dengan air kembali.
12. Masker lemon mencerahkan kulit
Bagi kulit berminyak, sangat bermasalah sekali jika kulit wajah terlihat berkilap. Sari jeruk lemon dicampur dengan madu, dapat dijadikan masker. Gunakan secara rutin, manfaat madu dan lemon ini, untuk mendapatkan hasil kulit wajah yang tampak lebih segar dan cerah.

13. Memperkecil pori-pori kulit
Pori-pori wajah yang terlihat agak melebar sangat mengganggu penampilan. Rawatlah kulit wajah dengan air jeruk lemon. Sari jeruk lemon disimpan dalam lemari es, kemudian jus lemon dioleskan pada wajah tunggu hingga meresap, lalu bersihkan dengan air. Lakukan hal ini setiap pagi, dan jangan sari jeruk lemon, jangan sampai lebih dari satu minggu.

14. Mengurangi ketombe
Sari jeruk lemon, campurkan dengan minyak zaitun hangat.  Pijat kepalamu perlahan-lahan dengan campuran lemon tadi dan diamkan selama 15 menit lalu bilas rambutmu dengan air dan gunakan conditioner rambut. Manfaat lemon akan membuat ketombe berkurang dan manfaat minyak zaitun memberikan kelembaban alami rambut. Tentusaja dengan pemakaian yang teratur.

Kandungan Pada Lemon
Sejumlah manfaat lemon di atas, bersumber dari sejumlah nutrisi baiknya. Menurut database nutrisi USDA National, satu lemon mentah, tanpa kulit (sekitar 58 gram) menyediakan :
  • 17 kalori
  • 0,6 gram protein
  • 0,2 gram lemak
  • 5,4 gram karbohidrat (termasuk 1,6 gram serat dan 1,5 gram gula)
  • 51 % kebutuhan vitamin C harian
  • sejumlah kecil zat thiamin, riboflavin, vitamin B-6, asam pantotenat, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, tembaga dan mangan.
Satu ons cairan jus lemon menyediakan 7 kalori, 0,1 gram protein, 0,1 gram lemak, 2,1 gram karbohidrat (termasuk 0,1 gram serat dan 0,1 gram gula) dan 23% dari kebutuhan vitamin C harian.

- Copyright © Jaga Kehidupan Anda - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -