Pisang adalah buah yang  enak untuk dimakan langsung atau diolah bersama dengan bahan makanan lain. Karena rasanya yang nikmat, tidak heran jika buah ini menjadi salah satu buah yang populer dikonsumsi di dunia. Di Amerika sendiri ada suatu studi yang menunjukkan bahwa sekitar 96% kepala keluarga di sana membeli pisang setidaknya sekali dalam sebulan.

Tapi ada suatu pertanyaan yang muncul. Jika kita banyak makan pisang apakah itu baik untuk kesehatan?

Menurut penelitian yang dilakukan para ilmuwan, ternyata pisang memang baik untuk kesehatan. Menurut perhitungan para ilmuwan, setidaknya kamu perlu makan 3 buah pisang sehari. Dengan makan 3 pisang sehari, kamu memberikan 1500 mg potasium ke dalam tubuh dan banyak manfaat kesehatan lainnya.

Jadi apa kira-kira manfaat kesehatan yang diperoleh ketika kita makan pisang?

1. Pisang Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Penelitian menunjukkan bahwa jika kamu mengkonsumsi setidaknya 3 buah pisang dalam sehari maka itu bisa membantu menurunkan tekanan darah dengan signifikan. Sebuah pisang berukuran sedang mengandung sekitar 422 mg potasium dan tidak mengandung sodium sama sekali. Perbandingan potasium tinggi dan sodium rendah inilah yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

2. Pisang Membantu Memperlancar Proses Pencernaan
Pisang mengandung banyak serat. Serat ini sangat berguna bagi tubuh untuk mengatur kecepatan proses pencernaan makanan, terutama untuk memperlambat proses cerna. Itu sebabnya ketika kamu makan pisang, kamu akan lebih lama merasa kenyang dan juga bisa membantu mengatasi sembelit.

3. Pisang Menjaga Kesehatan Jantung
Mengkonsumsi makanan yang kaya serat memberikan manfaat yang baik bagi jantung, dan pisang adalah buah yang kaya akan serat. Suatu studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan kaya serat membantu menurunkan resiko penyakit jantung koroner. Serat yang ada pisang, juga mampu menurunkan resiko serangan jantung.
Pola makan yang sehat memerlukan asupan vitamin, mineral dan juga antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Tambahkan pisang ke dalam dietmu untuk asupan 4 gram serat per buah pisang.

4. Pisang Membantu Pembentukan Sel Yang Sehat
Pisang kaya dengan vitamin B6. Ini adalah vitamin yang membantu tubuh dalam memproduksi insulin, hemoglobin dan asam amino non esensial yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel yang sehat. Vitamin ini juga berguna  untuk memproduksi antibodi untuk melawan infeksi.
Mungkin seharusnya kita ubah pepatah lama yang biasa kita dengar menjadi, “Makan pisang, menjauhkan kita dari dokter.”

5. Pisang Meningkatkan Kualitas Kesehatan Saluran Cerna
Karena pisang adalah buah yang mudah untuk dicerna, buah ini dikategorikan sebagai makanan yang ramah terhadap saluran cerna. Bahkan buah pisang terbukti mampu membantu proses penyembuhan setelah diare. Karena teksturnya yang lembut, ini juga alasan kenapa pisang jadi salah satu makanan keras yang pertama kali diperkenalkan pada bayi.

6. Pisang Kaya Dengan Vitamin C
Ketika kamu memikirkan tentang vitamin C, mungkin jeruk dan strawberry yang pertama kali muncul di pikiranmu. Tapi siapa yang menyangka bahwa satu buah pisang ternyata mengandung 15% vitamin C yang dibutuhkan orang dewasa dalam sehari. Vitamin C adalah antioksidan penting yang membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas adalah molekul atau ion jahat yang berusaha merusak sel-sel tubuh kita. Vitamin C juga menjaga supaya pembuluh darah tetap sehat dan memproduksi kolagen yang bermanfaat untuk menopang otot, tulang dan jaringan tubuh.

7. Pisang Meningkatkan Performa Atletik
Pernahkah kamu bertanya kenapa para atlit suka makan pisang? Alasannya adalah pisang akan membantu pembentukan otot, memproduksi antioksidan secara natural dan nutrisi lainnya secara natural. Menurut penelitian Appalachian State University’s Human Performance Lab, makan pisang tiap 15 menit bersepeda itu sama efektifnya dengan kamu meminum minuman olahraga berkabohidrat tiap 15 menit. Tidak heran jika Yohan Blake, juara lari sprint Olimpiade dari Jamaika dilaporkan makan16 pisang sehari!

8. Pisang Mencegah Anemia
Pisang kaya dengan zat besi, sehingga makan pisang bisa menstimulasi produksi hemoglobin dalam darah dan mencegah anemia. Selain itu vitamin B6 yang ada dalam pisang berguna untuk mengatur tingkat glukosa dalam darah, sehingga ini akan sangat membantu mereka yang sering bermasalah dengan anemia.

9. Pisang Bisa Menunda Lapar
Hal ini terjadi bukan saja karena seratnya membuatmu kenyang lebih lama tetapi juga karena aroma pisang itu sendiri. Itu benar, menurut studi yang dilakukan oleh Dr Alan Hirsch, mencium aroma pisang ketika kamu lapar bisa membuat otakmu berpikir bahwa kau sedang benar-benar memakannya. Jadi pisang memang bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

10. Pisang Bisa Membantu Kamu Merasa Senang
Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 27 mg magnesium. Mineral ini bisa membantu meningkatkan emosi positif dan juga membantu kamu untuk bisa tidur. Pria dan wanita masing-masing membutuhkan 420 mg dan 320 mg magnesium sehari. Jika kamu kurang magnesium kamu bisa mudah depresi, gelisah dan cemas.

Demikian manfaat dari Pisang, terkadang kita sering menyepelekan yang sesungguhnya sangat bermanfaat. Begitu juga Berasuransi, terkadang kita berpikir tidak berguna, sesungguhnya pasti anda akan menggunakannya suatu saat ini. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang Asuransi anda dapat menghubungi kontak kami yang tersedia di Contact Us.

- Copyright © Jaga Kehidupan Anda - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -